Penjelasan tentang Hosting dan fungsinya

Penjelasan mengenai hosting

Hosting adalah sebuah tempat penyimpanan data (website, email, file dan lainnya) di sebuah server atau komputer yang dapat diakses melalui jaringan internet atau dengan kata lain Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data kita baik data Website, Email ataupun File kita.
Hosting Terbagi menjadi beberapa Kategori yaitu :

1. Shared Hosting
Adalah sebuah server yang digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain untuk keperluan email, website, file-file dan lain-lainnya.

2. Colocation Server
Colocation Server adalah tempat yang menyediakan layanan untuk menyimpan atau menitipkan server di Data Center yang memiliki standar keamanan fisik dan infrastuktur, seperti: kestabilan arus listrik, flooring, UPS, power generator, air temperature control , kestabilan akses internet, CCTV dan personil security yang akan bekerja setiap hari dalam memantau Server anda. Biasanya server ini disimpan dalam rak atau kabinet.

3. Dedicated Server
Dedicated Server sebuah layanan yang memungkinkan seseorang untuk menyewa server yang ditempatkan di Data Center. Server yang disewa tersebut sepenuhnya akan dipergunakan dan diperuntukan untuk penyewa server tersebut dan tidak akan dibagi kepada orang lain.

4. VPS (Virtual Private Server)
VPS adalah teknologi server side yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa mesin virtual. Setiap mesin virtual ini memberikan layanan layaknya seperti sebuah dedicated server. Karena sifatnya yang berbagi ini, maka pemakaian memori/RAM, koneksi internet, processor dibagi dengan pengguna-pengguna lain. Beberapa sistem pembuat virtualisasi (hypervisor) dikenal saat ini: VMWare, Xen, UML (khusus Linux), VZ/OpenVZ atau Parallel Virtuozo.

5. Cloud Hosting
Cloud Hosting adalah sekumpulan dari server-server yang ada didalam jaringan besar atau semacam network peer, kebanyakan menggunakan teknologi SAN (Storage Area Network) sehingga memiliki keuntungan dalam hal redundansi data yang baik ketimbang server-server stand alone.

6. Bare Metal Server
(BMS) merupakan hal baru dalam bidang komputasi bagi kaum awam. Namun, bagi mereka yang sudah menggenal setidaknya sistem komputasi awan alias cloud computing, Bare Metal merupakan salah satu innovasi yang layak dikedepankan.

sekian postingan Penjelasan tentang Hosting dan fungsinya dan artikel tersebut di ambil dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan