Penjelasan mengenai apa itu vps (Virtual Private Server)

virtual private server

VPS adalah teknologi server side yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa mesin virtual. Setiap mesin virtual ini memberikan layanan layaknya seperti sebuah dedicated server. Karena sifatnya yang berbagi ini, maka pemakaian memori/RAM, koneksi internet, processor dibagi dengan pengguna-pengguna lain. Beberapa sistem pembuat virtualisasi (hypervisor) dikenal saat ini: VMWare, Xen, UML (khusus Linux), VZ/OpenVZ atau Parallel Virtuozo.

VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah:
VPS memiliki processes, users, files dan menyediakan full root access
Setiap VPS mempunyai ip address, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri.
VPS dapat melakukan configurasi file untuk sistem dan aplikasi software
Setiap VPS dapat memiliki system libraries atau mengubah menjadi salah satu system libraries yang lain.
Setiap VPS dapat delete, add, modify file apa saja, termasuk file yang ada di dalam root, dan menginstall software aplikasi sendiri atau menkonfigurasi root application software.

sistem virtual private server

Kelebihan VPS
VPS bisa menawarkan kinerja yang sama dengan Dedicated Server dengan biaya yang lebih murah
Sebuah VPS memberikan anda access root untuk system, hal tersebut juga mengijinkan anda untuk memodifikasi file server konfigurasi, install aplikasi atau memodifikasi software sistem, dalam sebuah shared environment
Dengan VPS, file system anda tidak akan bisa diakses oleh pemilik VPS lain, tidak seperti shared evironment dimana siapapun dengan sheell access bisa mencari jalan ke file anda, sebuah VPS memastikan privacy dan keamanan penuh untuk anda.

Kekurangan VPS
Kekurangan VPS ini adalah, kinerja server jauh lebih rendah daripada Dedicated Server ataupun Colocation Server karena VPS karena sebuah server dibagi dengan beberapa pengguna. Para Pengguna yang ditempatkan di satu server bisa saling memperebutkan memori, processor dan koneksi yang terbatas sehingga mengakibatkan akses menjadi lambat gara-gara pemakian beban dari tetangga (dalam satu server).

dalam kata lain
VPS adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa VM (Virtual Machines), dimana di setiap VM adalah berupa “Virtual server” yang dapat di install system operasi tersendiri. VPS terasa seperti sebuah Dedicated Server.

sekian Penjelasan mengenai apa itu vps (Virtual Private Server) artikel ini di ambil dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan